LAPORAN PRAKTIKUM
JARINGAN KOMPUTER
CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Disusun Oleh :
Riko Farhan Sanjaya
|
NIM: 065001800007
|
Sadnaz Nur Ayu
|
NIM: 065001800014
|
Muhammad Anggi M.
|
NIM: 065001800033
|
Sistem Informasi
Fakultas Teknologi
Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2017
Tujuan
Laporan ini dibuat untuk untuk menyelesaikan
praktikum kesembilan matakuliah Jaringan Komputer. Selain itu, hal ini juga
berguna sebagai panduan umum untuk Client-Server TCP dengan menggunakan bahasa
pemrograman java.
Teori Percobaan
Client Server adalah suatu bentuk
arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan
dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang
menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
Kelebihan Client Server :
- Lebih aman
- Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
- Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation
Kekurangan Client Server :
- Membutuhkan administrator yang handal
- Pelaksanannya mahal
- Jika server mati maka komputer clent akan mati juga
- Lebih aman
- Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
- Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation
Kekurangan Client Server :
- Membutuhkan administrator yang handal
- Pelaksanannya mahal
- Jika server mati maka komputer clent akan mati juga
CARA PERCOBAAN
1.
Siapkan dua laptop
untuk percobaan. Laptop ke-1 untuk server laptop ke-2 untuk client
2.
Tulis Source code
untuk laptop client
3.
Tulis Sourcode untuk laptop server
4.
Jalankan program server terlebih dahulu
5.
Sekarang jalankan program client
6.
Selanjutnya kita mengirim pesan dari
Client dan akan diterima oleh Server dan proses chatting berhasil.
KESIMPULAN
Kesimpulan pada praktikum ini adalah user/client harus melakukan koneksi kepada chat server sehingga program bisa membuka koneksi dari port yang diberikan dan server perlu membuka socket pada port tersebut dan menunggu koneksi yang akan datang. lalu setelah program server dijalankan, prpgram client akan mengirim pesan yang akan masuk pada laptop server
Komentar
Posting Komentar